Museum Kata Andrea Hirata

Rangkaian tulisan “Jalan-jalan di Belitung Timur”

.

museum katABelitung Timur memang sudah dikenal sejak jaman kolonial Belanda karena kekayaan sumberdaya alamnya. Tapi setelah novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata difilmkan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut meningkat dengan drastis. Apalagi salah satu putra daerah Belitung Timur kini menjadi wakil gubernur DKI yang begitu populer.

Hari ketiga dalam rangkaian Tour de Belitung Timur 2013 (23-26 September 2013) kami mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata di Jalan Laskar Pelangi no. 7, Desa Linggang Kecamatan Gantung, yang disebutkan sebagai museum sastra (literary museum) pertama di Indonesia.

Seperti biasa, para “turis” langsung beraksi dengan aneka perekam gambar. Ada aneka pernak-pernik Laskar Pelangi dalam foto dan poster yang membuat pengunjung –semuanya sudah nonton film Laskar Pelangi– merasa perlu merekamnya. Saya lebih banyak mengamati penataan ruangnya yang sederhana namun pilihan dan penempatan propertinya unik dan menarik. Kutipan naskah novel yang diperbesar dengan media MMT ternyata bagus juga ya kalau dipasang di dinding #ide 🙂

Ibu MuslimahKebetulan saat kami mengunjungi museum tersebut, ada ibu Muslimah, mantan guru SD Muhammadiyah Gantong yang diceritakan dalam novel Laskar Pelangi dan diperankan oleh Cut Mini dalam filmnya. (selepas dari museum kami juga mengunjungi replika SD yang digunakan untuk shooting film LP yang lokasinya tak jauh dari museum).

Mengunjungi museum tentu tidak terpuaskan kalau hanya sekedar berfoto-foto. Perlu waktu memadai untuk “read, listen, learn” dan mengikuti alur penataan ruang agar filosofi yang ingin disampaikan penggagasnya dapat diresapi.

Tujuan Andrea Hirata membuat museum ini bukan sekedar pamer-pamer sebenarnya, melainkan ada visi dan konsep untuk mengobarkan semangat terutama generasi muda. Di sini ada kisah perjuangan dan usaha keras untuk mencapai mimpi,  ‘Beranilah bermimpi karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu.”

Salut buat @AndreaHirata dengan ide-ide kreatifnya. Tak berlebihanlah kalau Andrea menyebut museumnya sebagai Indonesia’s most inspiring place

museum

foto-foto yang bagus ada di blog museum kata @AndreaHirata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *